LOKAKARYA FINALISASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

15 Mei 2018 06:25:06 Administrator Berita Desa

LOKAKARYA FINALISASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)  PELAYANAN DUKCAPIL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Acara Lokarya  Finalisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan DUKCAPIL Kabupaten Lombok Timur, bertempat di Ruang Rupatama 1 Lantai II Kantor Bupati Lombok Timur (Selasa, 15/05/2018). Acara ini dihadiri oleh Pjs. Bupati Lombok Timur, Kadis Dukcapil, Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Kesehatan, Bappeda, Camat, Kepala Desa, Operator SID, Puskapa UI, dan Pokja Adminduk.

Finalisasi SOP ini merupakan hasil kerjasama antar Dinas Dukcapil Lombok Timur dengan KOMPAK, dan seyogyanya akan dilaksanakan selama dua hari, mulai dari tanggal 15 s.d 16 Bulan Mei 2018.

Standar Operasional Prosedur atau disingkat dengan SOP adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.

SOP juga dapat dikatakan sebagai acuan atau pedoman untuk melakukan pekerjaan atau tugasnya sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja para karyawan sesuai indikator-indikator administrasi, teknik dan prosedural berdasarkan tata kerja, sistem kerja dan prosedur kerja pada unit kerja yang berkaitan.

Secara umum tujuan dari SOP antara lain :

  1. Agar petugas (pegawai) menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  2. Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi
  3. Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
  4. Melindungi organisasi (unit) kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  5. Untuk menghindari kegagalan atau kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi.

Finalisasi SOP Pelayanan Dukcapil Lombok Timur dimulai dengan pengantar dari Koordinator KOMPAK Kabupaten Lombok Timur, Nanik Muthohiyah, secara singkat menegaskan mengenai inovasi atau terobosan yang telah dibuat oleh Dukcapil diharapkan akan signifikan berkontribusi dalam memenuhi capaian kepemilikan Adminduk. Sehingga kedepan target kepemilikan adminduk di Kabupaten Lombok Timur bisa tercapai.

Sementara itu, dalam sambutannya Pjs. Bupati Lombok Timur, H. Ahsanul Khalik menyampaikan bahwa finalisasi SOP ini diharapkan akan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Beliau juga mengungkapkan, pelayanan itu harus simple/tidak ribet. Sehingga dalam SOP diharapkan disesuaikan dengan SDM dan fasilitas yang ada di Dukcapil. SOP juga harus memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Lombok Timur. H. Ahsanul Khalik juga menegaskan bahwa penyusunan SOP ini ditujukan untuk memperkecil intervensi dari pimpinan dalam pelaksanaan kedepan. SOP bersifat berkelanjutan yakni terus berkembang dan disesuaikan serta terus disempurnakan untuk memberikan pelayanan yang simple/mudah, yang tentunya pengembangan tersebut harus diawali dengan membuka atau memberikan data-data yang dibutuhkan dalam pengembangan/penyempurnaannya. Selain itu SOP juga harus bersifat mengikat.

Diakhir sambutan H. Ahsanul Khalik, kembali menegaskan pentingnya komitmen dalam menjalankan SOP, kemudian secara resmi beliau membuka Acara Lokarya  Finalisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan DUKCAPIL Kabupaten Lombok Timur. (Zin)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Pemerintahan Kaur Umum Kaur Keuangan Kaur Pembangunan Kaur Keamanan dan Ketertiban Kaur Kesra Kadus Karang Geres Kadus Paok Kambut Kadus Tanak Maik Kadus Montong Dao

Peta Desa

Sinergi Program

PRODESKEL ONLINE E BILLING KOMINFO
WEB. KAB. LOTIM BAKSO
BKN SIMPONI

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlusYouTube

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

video

KALENDER




Perhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah