PENGUATAN MANAJEMEN DESA SIAGA

03 Mei 2018 09:17:15 Administrator Berita Desa

PENGUATAN MANAJEMEN DESA SIAGA DAN SOSIALISASI KEPESERTAAN BPJS DI WILAYAH DESA MASBAGIK UTARA BARU

 

Acara Penguatan Manajemen Desa Siaga Dan Sosialisasi  Kepesertaan Bpjs Di Wilayah Desa Masbagik Utara Baru (Kamis, 03/05/2018). Acara yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Masbagik Baru, Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Kepala Desa Masbagik Utara Baru, PLKB Desa Masbagik Utara Baru, Kader Pemberdayaan Masyarakat , BPD, Kadus. Polmas dan Bhabinsa Desa Masbagik Utara Baru.

Dalam sambutannya Kepala Desa Masbagik Utara Baru  Bapak Khaerul Ihsan, A.Md Menyampaikan Bahwa Desa Siaga di Desa Masbagik Utara Baru sudah dibentuk dari tahun 2016 dan sudah di masukan anggaran ke Dana Desa Dari Tahun 2016, tapi karena tidak ada tindak lanjut kegiatan ini, maka di tahun berikutnya  selalu menjadi Silpa. Sehubungan dengan adanya Puskesmas Baru, maka diharapkan adanya review kegiatan untuk Desa Siaga ini, sehingga kami sebagai pemangku kebijakan dan pelaksana kegiatan yaitu ibu-ibu kader dan Bapak-bapak  kepala dusun bisa bersama-sama dalam menjalankan program Desa Siaga Ini dengan baik.

Kepala Puskesmas Masbagik Baru Bapak Lalu M. Anwar, SST, MPH menyampaikan Sosialisasi Kepesertaan BPJS, Puskesmas Yang di buka secara resmi pada tanggal 17 Oktober 2017 ini Secara kewilayahan membina 3 Desa Yang di di Kecamatan Masbagik Yaitu Desa Masbagik Utara, Masbagik Utara Baru dan Masbagik Timur. Karena kewilyahan itu maka kepesertaan BPJS masyarakat yang ada di Desa Masbagik Utara Baru ini harus di redistribusi atau direstribusi ulang.

Ada beberapa tahapan, jika BPJS yang dibayarkan melalui APBN dan APBD secara otomatis pindah ke Puskesmas Masbagik Baru, maka faskes pertamanya adalah Puskesmas Masbagik Baru. Sedangkan yang kepesertaan BPJS Mandiri baik  melewati dua cara yaitu pertama melalui online dengan JKN Mobile, yang kedua bisa langsung merubah paskes ke BPJS. Sekarang Puskesmas itu bukan hanya menangani orang sakit tapi juga memberikan promosi kesehatan kepada masyarakat oleh sebab itu Desa Siaga ini sangat strategis dalam promosi kesehatan.

Penguatan Manajemen Desa Siaga disampaikan oleh Ibu Nurhayati dari Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, untuk pengutan manejemen dilakukan diskusi dengan peserta untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta tentang Desa Siaga. Desa siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan gawat darurat kesehatan secara mandiri. Desa siaga memiliki 4 strata yaitu Desa Siaga Pratama, Desa Siaga Madya, Desa Siaga Purnama dan Desa Siaga mandiri. Desa Masbagik Utara Baru sendiri termasuk dalam Desa siaga Madya, dimana yang termasuk Desa Siaga Madya adalah Desa yang sudah memiliki, SK Desa Siaga, memiliki Kader Kesehatan 3-5 Orang, memiliki Fasilitas Kesehatan, Memiliki Tenaga Kesehatan, Sudah Ada satu kelompok kesehatan yang aktif dll.

Selanjutnya untuk menguatkan manejaemen Desa Siaga ini, maka akan diadakan pelatihan kader Kesehatan masyarakat oleh Puskesmas Masbagik Baru dan melengkapi Administrasi yang diperlukan dalam kegiatan Desa Siaga Ini.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Pemerintahan Kaur Umum Kaur Keuangan Kaur Pembangunan Kaur Keamanan dan Ketertiban Kaur Kesra Kadus Karang Geres Kadus Paok Kambut Kadus Tanak Maik Kadus Montong Dao

Peta Desa

Sinergi Program

PRODESKEL ONLINE E BILLING KOMINFO
WEB. KAB. LOTIM BAKSO
BKN SIMPONI

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlusYouTube

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

video

KALENDER




Perhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah