Di Himbau Kepada Masyarakat Desa Masbagik Utara Baru, Agar Tetap Mematuhi dan Menjalankan Protokol Kesehatan dengan Menerapkan 5M ( Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Memakai Masker, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas ) Mari Bersama Cegah Penyebaran Corona Virus Desease 2019 ( Covid-19 )

Artikel

Visi Misi Kepala Desa Masbagik Utara Baru

07 Juni 2017 11:33:53  Administrator  922 Kali Dibaca 

A. VISI PROGRAM KERJA DESA MASBAGIK UTARA BARU

Visi Pembangunan Desa Masbagik Utara Baru adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi desa yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan desa yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penetapan visi pembangunan desa, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan desa, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu desa mencapai kondisi yang diharapkan.

Visi Pembangunan Desa Masbagik Utara Baru Tahun 2011-2017 disusun berdasarkan pada sumber utama dari visi Kepala Desa yang telah terpilih melalui proses Pemilihan Kepala Desa secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Mengingat bahwa Kepala Desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Pertama, maka Visi dan Misi dalam RPJMDesa ini ditetapkan untuk Tahun 2011-2017, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Masbagik Utara Baru seperti Pemerintah Desa, BPD, LKMD, Kader Posyandu, PKK, Karang Taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat desa pada umumnya. Serta pertimbagan kondisi eksternal didesa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan.

Visi Pembangunan Desa Masbagik Utara Baru Tahun 2011-2017 ini disusun dengan memperhatikan/mengacu visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Timur Tahun 2011-2017, yakni Terwujudnya Kabupaten Lombok Timur yang Lebih Sejahtera, Maju dan Amanah”. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Masbagik Utara Baru Tahun 2011-2017 adalah:

Merata Dalam Kesejahteraan dan Sejahtera Dalam Pemerataan“

Secara khusus, dijabarkan makna dari visi pembangunan desa yang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi, sikap (komitmen), dan perilaku (partisipasi) segenap pemangku kepentingan (stakeholders) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama Enam tahun kedepan.

Sejahtera. Konsep sejahtera menunjukkan kondisi kemakmuran suatu masyarakat, yaitu  masyarakat yang terpenuhi kebutuhan ekonomi (materiil) maupun sosial (spirituil); dengan kata lain kebutuhan  dasar masyarakat  telah  terpenuhi secara lahir bathin secara adil dan merata dengan menititik beratkan pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya saing  dan berdayaguna serta peningkatan pembangunan yang difokuskan pada  pembangunan perekonomian desa yang berbasis pada potensi  desa yang berdaya jual  dan berdaya saing tinggi.

Adapun indikator secara ilmiah adalah tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan sehingga meningkatkan pendapatan perkapita pada tingkat yang tinggi, menurunnya tingkat pengangguran, menurunnya jumlah penduduk miskin, terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif; meningkatnya kualitas  sumber daya manusia yang ditandai terpenuhinya kebutuhan pokok dan hak-hak sosial masyarakat mencakup akses pada  pelayanan dasar sehingga mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM), meningkatkan perlindungan dan kesejateraan sosial, keluarga kecil yang berkualitas, pemuda dan olah raga serta meningkatkan kualitas kehidupan beragama, meningkatnya peranan perempuan dalam pembangunan, tersedianya infrastruktur yang memadai, meningkatnya profesionalisme aparatur pemerintah untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa dan bertanggung jawab yang mampu mendukung pembangunan desa.

B. MISI PROGRAM KERJA DESA MASBAGIK UTARA BARU

Dalam rangka mencapai visi yang telah ditetapkan, maka kesemua visi yang ada akan dijabarakan dan diimplementasikan dalam bentuk misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut.  Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi untuk memudahkan didalam pelaksanaan program. Sebagaimana penyusunan visi, misi pun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi serta kebutuhan masyarakat Desa Masbagik Utara Baru.

Misi Pembangunan Desa Masbagik Utara Baru adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah desa, sesuai visi pembangunan desa yang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan desa dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, maka misi pembangunan Desa Masbagik Utara Baru Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur  Tahun 2011-2017 dapat dirumuskan sebagai berikut:

1.     Mewujudkan masyarakat Desa Masbagik Utara Baru yang Agamis

      Misi:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia;
  2. Meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman masyarakat terhadap agama.

2.    Mewujudkan masyarakat Desa Masbagik Utara Baru yang sejahtera dan Berwawasan

      Misi:

        a. Pembangunan

    1. Meningkatkan pembangunan infrastruktur desa;
    2. Meningkatkan sumber daya alam yang ada;
    3. Meningkatkan Peran aktif BPD,LKMD,RT, dan Toma dalam pembangunan Desa;
    4. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berswadaya membangun Desa.

        b. Pemerintahan

    1. Menciptakan system Pemerintahan yang baik dan demokratis.

        c. Kemasyarakatan

    1. Peningkatan dan pengembangan usaha kecil dan menengah;
    2. Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dan kerukunan warga;
    3. Mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui peran aktif ibu-ibu PKK, Posyandu dan organisasi lainnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

18 Juni 2021 | 3.384 Kali
Pengenalan Aplikasi Rumah Dataku Kampung KB
14 November 2017 | 2.710 Kali
PROFIL KAMPUNG KB
05 Juni 2017 | 2.012 Kali
Sejarah Desa Masbagik Utara Baru
27 Januari 2021 | 1.930 Kali
Banner APBDes 2021
21 Agustus 2021 | 1.624 Kali
Pembagian BLT Dana Desa Tahap 7, 8 Untuk Bulan Juli Agustus Tahun 2021
23 Desember 2022 | 1.451 Kali
Pembagian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Balita dan Ibu Hamil
05 Juni 2017 | 1.449 Kali
Profil Wilayah Desa

Agenda

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. Rinjani 65 - Gelora Lendang Nangka, Dusun Nibas Desa Masbagik Utara Baru, Kecamatan Masbagik
Desa : Masbagik Utara Baru
Kecamatan : Masbagik
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83661
Telepon :
Email : masbagikubaru@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:173
    Kemarin:181
    Total Pengunjung:361.953
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.226.17.86
    Browser:Mozilla 5.0