POTENSI UNGGULAN DESA

24 Agustus 2017 15:48:09 Administrator Berita Desa

Potensi Desa Masbagik Utara Baru

Desa Masbagik Utara Baru merupakan desa pemekaran dari desa Masbagik Utara yang memiliki luas wilayah 177 Ha, yang terdiri dari:

1

Sawah

84,39 Ha

2

Tegal/Ladang

5,2 Ha

3

Pemukiman

51,4 Ha

4

Pekarangan

18,81 Ha

5

Kebun

8,4 Ha

6

Lapangan Olah Raga

0,8 Ha

7

Perkantoran

0,57 Ha

8

TPU

2,23 Ha

9

Sekolah

2,5 Ha

10

Jalan

1,2 Ha

11

Perikanan

1,5 Ha

Potensi-potensi yang ada di Desa Masbagik Utara Baru juga sangat mendukung untuk meningkatkan kemajuan Desa, baik dari sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana maupun ekonomi dan sosial budaya. Berikut adalah beberapa potensi unggulan Desa Masbagik Utara Baru:

1.        Pertanian

Desa Masbagik Utara Baru adalah salah satu Desa di Kecamatan Masbagik yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, dengan luas area pertanian sekitar 84,39 Ha, Desa Masbagik Utara Baru mampu sebagai produsen hasil bumi dengan jumlah yang sukup besar. Adapun hasil bumi tersebut antara lain, padi, jagung, sayur mayur, dan kacang-kacangan.

Pertanian andalan masyarakat di Desa Masbagik Utara Baru dan sampai saat ini masih terus dikembangkan adalah tanaman cabai keriting, Cabai Hijau, Cabai Rawit, Tomat dan  Kubis.

2.        Peternakan

Peternakan salah satu potensi unggulan kami yang masih terus kami kembangkan walaupun para peternak diwilayah kami masih terbentur dengan pengadaan bibit ternak dan permodalan, dengan potensi alam yang sangat mendukung wilayah kami sangat cocok untuk pengembangan peternakan terbukti pada awal 2011 dan 2017 salah satu kelompok tani di Desa Masbagik Utara Baru mendapatkan bantuan ternak berupa ternak Sapi.

3.        Perikanan

Selain sebagai petani, masyarakat Desa Masbagik Utara Baru juga berprofesi sebagai peternak ikan air tawar. Kondisi alam yang mendukung berupa air sungai yang masih bersih, pengetahuan masyarakat dalam beternak ikan, dan lahan yang luas untuk pembuatan kolam-kolam ikan menjadi salah satu faktor pendukung dalam keberhasilan mengembangkan sektor perikanan. Hal ini terbukti dimana desa Masbagik Utara Baru merupakan Desa yang menghasilkan produksi ikan air tawar terbesar di wilayah kecamatan Masbagik.

 Produksi ikan berada di wilayah Dusun Tanak Maik, Dusun Pancor Kopong dan Dusun  Nibas. Budidaya ikan air tawar yang dilakukan masyarakat sangat mendukung untuk meningkatkan kemajuan perekonomian desa, dan juga meningkatkan taraf penghasilan masyarakat.

4.        WisataAlam

Desa Masbagik Utara Baru memiliki Wisata Air Pancor Kopong, yang terletak di Dusun Pancor Kopong. Wisata air ini masih sangat alami dan belum tersentuh oleh Pihak Ketiga. Peningkatan infrastruktur akan terus dilakukan untuk menunjang kemajuan wisata ini, salah satunya dengan memperbaiki akses jalan untuk mempermudah wisatawan dalam menuju area wisata. Publikasi juga kedepannya akan dilakukan melalui media website desa. Sehingga wisatawan bisa mengakses lokasi wisata desa melalui media internet.

5.        Wisata Kuliner

Sebagai salah satu desa yang menghasilkan produksi ikan air tawar Seperti Nila, Gurame, Lele, Ikan Mas dan ikan air tawar lainnya sangat mendukung untuk pengembangan wisata kuliner berupa Wisata kuliner Lesehan yang menyediakan aneka masakan lezat dan nikmat dengan bahan baku ikan dan ayam. Wisata kuliner lesehan yang ada di Desa Masbagik Utara Baru sangat terkenal dan berhasil menarik wisatawan penikmat masakan, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Sebagai salah satu ikon desa, wisata kuliner berupa lesehan ini akan terus dikembangkan.

Adapun Lesehan yang ada di Dusun Tanak Maik Desa Masbagik Utara Baru antara lain, Lesehan Purnama, Lesehan Istiqomah, Lesehan Akor, Lesehan dan Kolam Renang Anggur, Lesehan Mustika, Lesehan Mentari dan satu lagi berada di dusun Pancor Kopong yakni Lesehan Aman.

Adapun estimasi kunjungan dan omzet lesehan perbulan berkisar antara:

NO.

NAMA LESEHAN

NAMA PEMILIK

KUNJUNGAN TAMU

OMSET/BULAN

KET.

LOKAL (ORG)

DOMESTIK (ORG)

(Rp.)

1

 PURNAMA

 WARIADI, SP

1.750

1000

 Rp          75.000.000

 

2

 AKOR

 HILMAN

300

150

 Rp          20.000.000

 

3

 TILAPIA

 MAHYIN

50

20

 Rp            3.000.000

 

4

 ISTOQOMAH

 SUHARDI

1000

500

 Rp          50.000.000

 

5

 NILATIKA

 HULYADI PAJRI

500

300

 Rp          25.000.000

 

6

 RAMBIT DIWI

 IZZUDIN

300

50

 Rp          10.000.000

 

 

 

 

 

 

 Rp          15.000.000

 

 

JUMLAH

 

3.900

2.020

 Rp        198.000.000

 

 

Dari hasil estimasi tersebut, wisata kuliner unggulan desa ini telah banyak menyerap tenaga kerja, dan ikut berperan dalam mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan taraf penghasilan masyarakat.

Dokumen Lampiran: POTENSI UNGGULAN DESA

Komentar

DEWI HARTINI 28 Agustus 2017 06:21:58
Akhirnya MUB Punya Web Sendiri... Bangga jadi Masyarakat Desa masbagik Utara baru

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Pemerintahan Kaur Umum Kaur Keuangan Kaur Pembangunan Kaur Keamanan dan Ketertiban Kaur Kesra Kadus Karang Geres Kadus Paok Kambut Kadus Tanak Maik Kadus Montong Dao

Peta Desa

Sinergi Program

PRODESKEL ONLINE E BILLING KOMINFO
WEB. KAB. LOTIM BAKSO
BKN SIMPONI

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlusYouTube

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

video

KALENDER




Perhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah